email, pemasaran online
Pendampingan UKM #1 : Email

Email adalah media berkirim surat melalui internet. Ada tiga fungsi utama email dalam panduan e-selling. Pertama sebagai media mengirim dan menerima surat bisnis melalui internet. Kedua, untuk mendaftar akun elemen selanjutnya (wordpress, facebook dan Indonetwork). Ketiga adalah untuk chatting. Untuk fitur ketiga bersifat pilihan,  jika tidak terbiasa di depan internet lama-lama tidak perlu mengunakan fungsi tersebut.

Dalam panduan e-Selling, menggunakan dua penyedia layanan email gratis populer, yaitu Gmail dan YahooMail. Positioning kedua akun tersebut berbeda. Gmail difungsikan untuk mengirim dan menerima surat dan sebagai email primer untuk mendaftar berbagai akun. Sedangkan Yahoomail berfungsi sebagai email sekunder, terutama untuk fitur Yahoo Messenger. Beberapa hal penting yang wajib diperhatikan adalah penamaan dan signature.

Penamaan

Untuk Gmail, gunakan nama asli anda. Seperti nama saya M. An’imna Husna, maka saya membuat email dengan alamat m.animna@gmail.com Dengan menggunakan nama sendiri, orang akan langsung mengetahui siapa Anda. Anda akan terkesan profesional.  Kesalahan yang banyak terjadi adalah menggunakan alamat email yang ‘aneh-aneh’. Misalnya nama Anda sebenarnya adalah Arif Kurniawan Saputra dan merupakan penggemar berat Valentino Rossi. Karena itu, Anda menggunakan alamat emai vale.saputra@gmail.com. Hal ini tidak sesuai dalam konteks berbisnis. Mungkin Anda menganggap itu keren, tapi apakah orang lain akan beranggapan sama?

Dalam penamaan, pergunakan maksimal 12 karakter untuk alamat email. Dengan begitu, Anda mempermudah orang yang ingin menghubungi Anda. Mereka tidak perlu terlalu mengetik terlalu panjang ketika ingin mengajukan penawaran pembelian terhadap produk. Berikut contohnya, misal nama Anda Arif Kurniawan Saputra. Maka alternatifnya adalah menggunakan dua kata nama awal seperti Andi.Kurniawan@gmail.com atau ak.saputra@gmail.com

Selanjutnya adalah penggunaan Yahoomail.  Untuk penamaan YahooMail, gunakan nama   produk atau bidang usaha Anda. Contohnya saya memiliki usaha Jasa Tour Spesialis Kampung Inggris : EurekaTour, nah saya membuat email dengan alamat eurekatour@ymail.com. Penamaan berbeda ini akan saling melengkapi. Anda bisa mencantumkan kedua alamat email tersebut di Display Online. Prospek memiliki  pilihan untuk menghubungi Anda lewat salah satu email tersebut.

Signature

Signature adalah tanda tangan Anda. Secara sederhana, signature adalah kop surat email. Bedanya, di surat resmi kop surat terletak di awal, di email kop surat terletak di akhir. Bentuknya adalah serangkaian teks. Signature tersebut akan muncul dalam setiap email yang terkirim. Orang akan lebih “aware” terhadap Anda. Berikut adalah alternatif contoh signature yang saya gunakan

M. An’imna Husna

Administrasi Niaga UI 07

Direktur Pemasaran EurekaTour

Jasa Tour Spesialis Kampung Inggris

085 645 178 xxx

Atau bisa menambahkan alamat rumah Anda seperti ini

>>Muhammad Fajar Andrianto<<
Perumahan Bumi Mutiara no. xx, Bojong Kulur, Kec. Gunung Putri, Bogor.
+628567650xxx
+6221-94619xxx

Nah, untuk panduan teknis membuat email, silakan download dalam versi PDF. Panduan tersebut dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi yang akan mempermudah Anda.

<bersambung>

Advertisements